Categories
Berita

Perluas Manfaat, Lembaga Wakaf Darul Hikam Undang Syahril Imron Paparkan Strategi Raih Beasiswa LPDP

Media Center Darul Hikam – Di tahun 2024, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali memberikan kesempatan emas bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan membuka program beasiswa yang komprehensif.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Awardee Beasiswa LPDP Santri 2021 Master of Food Technology di Wageningen University, Belanda, Muhammad Syahril Imron dalam acara Webinar Scholarship bertajuk “Strategi Meraih Beasiswa LPDP di Eropa” secara daring, pada Sabtu (22/06/2024).

“LPDP memberikan prioritas pada berbagai bidang studi yang dianggap strategis untuk pembangunan bangsa, antara lain engineering, science, agriculture, law, economics, finance, medicine, religious affairs, dan socio-culture,” tutur Syahril Imron yang juga aktivis PCI NU Belanda.

Syahril Imron juga menyebutkan, LPDP menawarkan berbagai jenis beasiswa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi calon penerima. Salah satunya adalah Beasiswa LPDP Regular, yang merupakan beasiswa reguler untuk Program S2 dan S3 baik di dalam maupun luar negeri.

“Terdapat juga Beasiswa LPDP Afirmasi yang ditujukan untuk masyarakat kurang mampu namun berprestasi, serta BIB (Beasiswa Indonesia Bangkit) yang memberikan kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk mengejar gelar S1, S2, dan S3 di dalam dan luar negeri,” tambahnya.

Dalam mendukung perjalanan pendidikan, lanjut Syahril Imron, LPDP tidak hanya mencakup biaya pendidikan seperti biaya pendaftaran, SPP, dan tunjangan buku, tetapi juga biaya pendukung seperti transportasi, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, dan tunjangan keluarga khusus untuk program doktor.

“Hal ini bertujuan untuk memastikan para penerima beasiswa dapat fokus pada studi mereka tanpa terbebani oleh masalah keuangan,” ucap Syahril Imron yang juga Aktivis PC PMII Jember Periode 2021-2022

Syahril Imron juga menekankan pentingnya persiapan yang matang untuk menghadapi berbagai tahapan seleksi administratif, termasuk tes bakat skolastik dan tes wawasan kebangsaan.

“Penting juga untuk menyiapkan motivation letter atau essay yang berkualitas, sertakan sertifikat-sertifikat yang relevan, dan bangun personal branding yang kuat,” tambahnya.

Terakhir, Syahril Imron berharap dengan adanya berbagai jenis beasiswa LPDP, para calon mahasiswa dapat mewujudkan impian mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Beasiswa LPDP ini kesempatan emas, bukan hanya bagi orang yang berprestasi tapi juga semua yang mau konsisten berusaha untuk meraih pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri,” jelas Syahril Imron yang juga alumni Ponpes Salafiyah Kajen Pati Jawa Tengah

Webinar yang diselenggarakan oleh Lembaga Wakaf Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember bekerjasama dengan STAIM Lumajang tersebut menyita banyak perhatian masyarakat, khususnya kalangan akademisi dan santri di seluruh Indonesia.

Dengan dimoderatori langsung oleh Rico Aldy Munafan, S.H. selaku Fundraiser Wakaf Darul Hikam, webinar kali ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis, tetapi juga menginspirasi dan mendorong para peserta untuk terus berjuang dalam meraih pendidikan tinggi di Eropa.

Reporter: Akhmal Duta Bagaskara

Editor : M. Irwan Zamroni Ali

Categories
Berita

Hadirkan Awardee LPDP, Lembaga Wakaf Darul Hikam Ajak STAIM Lumajang Webinar Scholarship di Eropa

Media Center Darul Hikam – Lembaga Wakaf YPI Darul Hikam Mangli Kaliates Jember bersama STAI Miftahul Ulum Lumajang menggelar acara scholarship berupa webinar ‘Strategi Meraih Beasiswa LPDP di Eropa’ pada Sabtu, 22 Juni 2024 secara daring.

Beasiswa LPDP sendiri merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi terbaik di dalam dan di luar negeri.

Webinar kali ini dengan menghadirkan narasumber Muhammad Syahril Imron, yang merupakan Awardee Beasiswa LPDP Santri 2021 Master of Food Technology, Wageningen University.

Pengasuh Pondok Putri PP Darul Hikam, Ibu Nyai Hj. Robiatul Adawiyah, S.H.I., M.H., Ketua STAIM Lumajang, Mochammad Hisan, S.Psi., M.Sos., dan seluruh staff Lembaga Wakaf YPI Darul Hikam serta dosen STAIM Lumajang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutan pembuka, Ibu Nyai Hj. Robi menyampaikan, webinar kali ini merupakan salah satu dari serangkaian webinar yang diselenggarakan oleh Lembaga Wakaf YPI Darul Hikam, dengan fokus pada tema beasiswa.

“Kami juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada mitra kami STAIM  Lumajang atas kerja sama yang telah terjalin dalam kegiatan ini,” ucap Ibu Nyai Hj. Robi yang juga Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember itu.

Dirinya berharap, selain kegiatan ini, sejumlah kegiatan lain yang telah digelar oleh Lembaga Wakaf YPI Darul Hikam, seperti Program Pelatihan dan Pendampingan Prakerja, dapat terus memberikan kontribusi positif bagi pendidikan serta pengembangan sumber daya manusia.

“Tentunya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara langsung bagi para peserta khususnya, termasuk demi kemajuan pendidikan di Indonesia,” tambahnya.

Di samping itu, Ketua STAIM Lumajang, Mochammad Hisan, S.Psi., M.Sos mengatakan, STAIM Lumajang sangat berkomitmen untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pendidikan kami, serta mewujudkan mimpi-mimpi para mahasiswa untuk melanjutkan studi hingga ke Eropa.

“Kerjasama yang telah terjalin dengan Lembaga Wakaf YPI Darul Hikam selama ini sungguh berarti bagi kami, dan kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan,” tutur Hisan.

Hisan juga mengatakan sebagai Ketua STAIM Lumajang, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam dunia pendidikan.

“Kami percaya bahwa interaksi dan silaturahmi antar bangsa dalam bidang pendidikan adalah langkah yang sangat penting untuk mempersiapkan generasi masa depan yang lebih baik dan global,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Hisan, STAIM Lumajang akan berkomitmen untuk terus memperluas jaringan kerjasama dan kesempatan belajar bagi mahasiswa, sehingga para mahasiswa dapat tumbuh dan berkembang tidak hanya secara akademis tetapi juga sebagai warga dunia yang terampil dan peduli.

“Kami berharap dapat terus berkolaborasi untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang lebih tinggi lagi di masa depan,” tuturnya.

Acara berlangsung sangat seru dan menarik dengan banyaknya para peserta yang ingin tau lebih banyak tentang beasiswa LPDP. Webinar kali ini dipimpin oleh Rico Aldy Munafan, S.H yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, termasuk santri, mahasiswa, dan dosen dari Jember hingga Lumajang.

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara

Editor : M. Irwan Zamroni Ali