Categories
Berita

Kolaborasi dengan PPM Aswaja Nusantara, YPI Darul Hikam Tawarkan Pelatihan dengan Insentif Setengah Juta Lebih

Media Center Darul Hikam – Program Kartu Prakerja merupakan program pemerintah berupa bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Maka dari itu, sebagai bentuk peran aktif menyukseskan program pemerintah untuk melahirkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul, YPI Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember telah dipercaya menjadi mitra resmi untuk berkolaborasi menyediakan pelatihan secara online selama lima hari kepada peserta Program Kartu Prakerja.

Kolaborasi tersebut dilakukan bersama LPK Career Development Center PPM Aswaja Nusantara dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. yang ditandatangani pada Kamis, 22 Februari 2024 di Kantor YPI Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember.

Ketua LPK Career Development Center PPM Aswaja Nusantara, Kiai Muhammad Mustafid menuturkan, Program Kartu Prakerja diluncurkan sebagai salah satu program ideologis Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja di Indonesia.

“Ini sesuai dengan Pasal 27 ayat 2 UUD 1945. Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Bahwa warga negara harus mendapatkan pekerjaan yang layak yang itu menjadi amanah konstiusi kita”, jelas Prof haris yang juga Ketua Pengurus Pusat (PP) Asosiasi Dosen Pergeakan yang ada di bawah naungan PB IKA PMII. 

Di dalam program tersebut cukup banyak pelatihan “Misalnya sediakan program jurnalisme digital, manajemen SDM, pertanian organik, peternakan organik, fotografi digital, pengelolaan sampah organik, teknologi informasi dan sebagainya,” ujar Kiai Mustafid.

Semengtara itu, Ketua YPI Darul Hikam, Prof. Dr. KH. M. Noor Harisudin, S.Ag, S.H, M. Fil.I, CLA, CWC, menjelaskan, kolaborasi yang dilakukan dengan LPK Career Development Center PPM Aswaja Nusantara  merupakan salah satu bentuk peran YPI Darul Hikam kepada masyarakat untuk senantiasa berbagi ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan.

“Melalui program ini kami hanya ingin membantu masyarakat luas untuk mendapatkan skill sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya di bidang masing-masing,” ujar Prof Haris yang juga Guru Besar UIN KHAS Jember.

Pasca pendantanganan MoU, lanjut Prof Haris, YPI Darul Hikam langsung menindaklanjuti dengan membentuk tim panitia program prakerja tersebut, sehingga para masyarakat luas dapat langsung ikut mendaftarkan diri.

“Silahkan bagi yang ingin mengikuti program ini, kami terbuka untuk masyarakat luas, baik di Kabupaten Jember, se-Provinsi Jawa Timur, hingga se-Indonesia”, ujar Prof Haris yang juga Wakil Ketua PW Lembaga Dakwah NU Jawa Timur.

Dalam program tersebut, sejumlah benefit menarik telah disiapkan bagi para peserta pelatihan. Mulai dari ilmu yang bermanfaat, sertifikat, hingga insentif 600 – 700 ribu rupiah. Namun, juga terdapat persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu usia 18-40 tahun, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), belum memperoleh kartu Prakerja/mengikuti Prakerja dan bersedia mengikuti bimtek.

Reporter : Lum`atul Muniroh

Editor : M. Irwan Zamroni Ali

Categories
Lembaga Wakaf Tunai

Tasyakuran Kantor, Lembaga Wakaf  Darul Hikam Jember Berikan Santunan Anak Yatim

Media Center Darul Hikam – Lembaga Wakaf  Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Darul Hikam menggelar acara tasyakuran yang dikemas dalam bentuk ‘Doa Bersama Untuk Bangsa & Santunan Anak Yatim’ pada Selasa, 20 Februari 2023 bertempat di Kantor YPI Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember.

Dalam acara yang penuh khidmat tersebut, hadir sejumlah tokoh utama YPI Darul Hikam, seperti Direktur Lembaga Wakaf, Prof. Dr. KH. M. Noor Harisudin, S.Ag., S.H., M.Fil.I., CLA., CWC., Pengasuh Pondok Pesantren Putri, Nyai Robiatul Adawiyah, S.H.I., M.H., Ust. M. Irwan Zamroni Ali, S.H., M.H., CWC., Ust. Wildan Rofikil Anwar, S.H., M.H., dan Ust. Lutvi Hendrawan, serta dihadiri oleh puluhan santri dari PP Darul HikamHikam,  serta puluhan anak yatim.

Dalam kesempatan itu, Prof Haris menjelaskan, kegiatan doa bersama juga dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas keberkahan, kedamaian, dan kemakmuran negara Indonesia.

“Kita juga patut bersyukur atas terlaksananya Pemilu 2024 tanggal 14 Pebruari kemarin yang berjalan dengan damai dan tertib.  Ini menunjukkan kedewasaan demokrasi kita sebagai bangsa,” ungkap Prof. Haris yang juga Guru Besar UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Prof. Haris juga menyampaikan bahwa YPI Darul Hikam telah memiliki kantor yayasan yang berfungsi sebagai pusat operasional berbagai kegiatan, termasuk sebagai kantor lembaga wakaf, travel haji dan umroh, pendidikan formal, unit bisnis usaha pesantren, dan ruang rapat bagi para pengurus yayasan.

“Keberadaan kantor tersebut juga menjadi simbol komitmen YPI Darul Hikam dalam memberdayakan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas layanan dan pelayanan kepada Masyarakat,” tutur Prof. Haris yang juga Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara – Hukum Administrasi Negara.

Selanjutnya, Prof. Haris mengatakan bahwa lembaga wakaf YPI Darul Hikam telah memiliki legalitas sebagai nazhir wakaf uang dari Badan Wakaf Indonesia (BWI). Tidak hanya itu, YPI Darul Hikam juga mempunyai dua nazhir wakaf yakni, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, S.Ag., S.H., M.Fil.I., CLA., CWC. dan Ust. Irwan Zamroni Ali, S.H., M.H., CWC.

“Hal ini menjadi bukti komitmen YPI Darul Hikam dalam mengelola wakaf dengan profesional dan transparan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat luas,” tambah Prof. Haris yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian, dan Pelatihan MUI Jawa Timur.

YPI Darul Hikam, lanjut Prof Haris, memiliki usaha travel yang bernama Darul Hikam Travel, yang telah menjadi bagian integral dalam menyediakan pelayanan travel haji dan umroh bagi masyarakat. Usaha travel ini merupakan upaya konkret YPI Darul Hikam dalam mendukung para jamaah yang berkeinginan untuk menunaikan ibadah haji dan umroh dengan nyaman dan lancar.

 “Dengan adanya Darul Hikam Travel, YPI Darul Hikam dapat memberikan layanan yang komprehensif dan terpercaya bagi para calon jamaah, mulai dari persiapan administrasi, akomodasi selama perjalanan, hingga proses ibadah di tanah suci,” pungkas Prof. Haris.

Acara Doa Bersama dan Santunan Anak Yatim diawali dengan pembacaan surah Yasin dan tahlil, serta doa keselamatan untuk para donatur wakaf YPI Darul Hikam. hingga kemudian diakhiri dengan pembagian santunan anak yatim.

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara

Editor : M. Irwan Zamroni Ali

Categories
Berita Lembaga Wakaf Tunai

Mendapat Legalitas BWI, Darul Hikam Terima Kunjungan YPI Raden Rahmat Sunan Ampel Jember

Media Center Darul Hikam  – Pasca diresmikannya Lembaga Wakaf Darul Hikam sebagai Nazhir Wakaf Uang oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) pada Rabu, 24 Januari 2024, Lembaga Wakaf yang berada di bawah naungan YPI Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember tersebut, lantas semakin dikenal dan dipercaya oleh berbagai pihak.

Karenanya, sejumlah pesantren besar di Jember mulai berbondong-bondong ke YPI Darul Hikam untuk belajar bersama mengenai lembaga wakaf. Salah satunya, Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel Jember dalam rangka benchmarking dengan Lembaga Wakaf Darul Hikam pada Selasa sore (13/02/2024).

Ketua YPI Raden Rahmat Sunan Ampel Jember  Kiai Ahmad Nafi’, bersama istri, disambut langsung di Kantor YPI Darul Hikam oleh Ketua YPI Darul Hikam sekaligus Direktur Lembaga Wakaf, Prof. Dr. KH. M. Noor Harisudin, S.Ag., S.H., M. Fil.I., CLA. CWC. bersama Ust. M. Irwan Zamroni Ali, S.H., M.H., CWC yang juga Nadhir Lembaga Wakaf.

Dalam kesempatan itu, Prof. Haris menuturkan, sejak tahun 2022, perjalanan wakaf Darul Hikam telah dimulai. Awalnya, kami memulai dengan langkah-langkah praktis, fokus pada implementasi sebelum mengurus legalitasnya di Badan Wakaf Indonesia. Dalam sejarah perjalanannya, kami juga telah mendirikan pesantren yang berada di tiga tempat, dua di Mangli dan satu di Ajung.

“Salah satu solusi yang kami temukan adalah lembaga wakaf dapat mendukung kegiatan di pesantren. Melalui pendekatan ini, kami berhasil mengumpulkan dana yang kemudian digunakan untuk pembelian tanah dan pembangunan Pesantren Darul Hikam,”ucap Prof. Haris yang juga Guru Besar UIN KHAS Jember.

Intinya, lanjut Prof. Haris, kami telah memilih untuk mengambil langkah-langkah praktis terlebih dahulu sebelum mengurus legalitas di Badan Wakaf Indonesia.

“Alhamdulillah, kami memiliki dua Nazhir, yaitu saya sendiri dan ustad M. Irwan Zamroni Ali. Pada bulan Januari, legalitas lembaga wakaf kami telah resmi diterbitkan oleh Badan Wakaf Indonesia dengan nomor 3.300428,” tambah Prof. Haris yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian, dan Pelatihan MUI Jawa Timur.

Di kesempatan yang sama, Ust. Irwan menjelaskan, mekanisme pengajuan untuk menjadi Nazhir Wakaf Uang di Badan Wakaf Indonesia memang melibatkan serangkaian persyaratan yang kompleks. Salah satunya lembaga tersebut harus terdaftar resmi di Kemenkum HAM dan memiliki surat keterangan domisili dari kelurahan.

“Selain itu, minimal dua orang yang terdaftar harus memiliki sertifikat kompeten sebagai Nazhir,” ucap Ust. Irwan yang juga Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Selanjutnya, ia menuturkan proses pengajuan dapat dilakukan melalui aplikasi e-service nazhir dengan alamat website https://layanan.bwi.go.id/ . Setelah semua persyaratan terpenuhi, lembaga atau yayasan akan dijadwalkan untuk mempresentasikan profil dan rencana kerjanya kepada Badan Wakaf Indonesia. Presentasi ini kemudian akan dievaluasi, dan mungkin akan diminta untuk melakukan revisi sesuai dengan masukan dari BWI.

“Setelah proses evaluasi dan revisi selesai, lembaga nantinya akan mendapatkan Surat Bukti Nazhir Wakaf Uang dari BWI melalui aplikasi e-service nazhir. Proses ini menunjukkan betapa pentingnya kepatuhan terhadap persyaratan yang ditetapkan Badan Wakaf Indonesia untuk memastikan transparansi, keandalan, dan keberlanjutan lembaga wakaf,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Kiai Nafi’ mengatakan, saat ini Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel Jember tersebut tengah pengembangan lembaga dengan pendirian sekolah formal, yakni PAUD, TK dan SD.

“Pengembangan lahan menjadi 1,5 hektar menunjukkan komitmen dalam meningkatkan infrastruktur dan fasilitas. Namun, untuk melanjutkan proyek ini, diperlukan dana tambahan selain yang sudah tersedia,” ucap Kiai Nafi’.

Reporter : Akhmal  Duta Bagaskara
Editor: Lum`atul Muniroh

Categories
Berita Lembaga Wakaf Tunai

Laporan Sementara Wakaf Uang & Infak

Categories
Berita Lembaga Wakaf Tunai

Perjuangan Dua Tahun, Darul Hikam Raih Sertifikat Nazhir Wakaf Uang Dari BWI

Media Center Darul Hikam – Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf menjelaskan,  lembaga wakaf sebagai pranata keagamaan yang memiliki potensi dan manfaat ekonomi perlu dikelola secara efektif dan efisien untuk kepentingan ibadah dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

Oleh karena itu, dalam undang-undang tersebut, calon Nazhir Wakaf Uang wajib mendaftarkan diri kepada BWI dengan memenuhi persyaratan sebagai Nazhir sesuai peraturan dari Badan Wakaf Indonesia Nomor 2 Tahun 2010 Tentang Tata Cara Pendaftaran Nazhir Wakaf Uang.

Lembaga Wakaf Darul Hikam, yang berada di bawah naungan YPI Darul Hikam Mangli Kaliwates Jember, secara resmi menjadi Nazhir Wakaf Uang di Badan Wakaf Indonesia dengan Nomor 3.3.00428, setelah mendapatkan sertifikat pada Selasa, (06/02/2024).

Atas capaian tersebut, Direktur Lembaga Wakaf YPI Darul Hikam, Prof. Dr. KH. M. Noor Harisudin, S.Ag., S.H., M.Fil.I., CLA., CWC, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas kerja keras seluruh pihak yang terlibat.

“Setelah mendapatkan legalitas dari Badan Wakaf Indonesia, Kami sangat senang melihat perjalanan lembaga wakaf YPI Darul Hikam selama dua tahun terakhir dan saat ini, Tentu ini merupakan hasil perjuangan yang melelahkan, namun kami bersyukur atas keberhasilannya,” ucap Prof Haris yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikam Mangli Jember.

Proses mendapatkan legalitas tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf, dengan memenuhi persyaratan sebagai Nazhir sesuai peraturan dari Badan Wakaf Indonesia Nomor 2 Tahun 2010 Tentang Tata Cara Pendaftaran Nazhir Wakaf Uang.

 “Dalam proses mendapatkan sertifikat legalitasnya, kami telah menempuh berbagai langkah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Kami juga terus mengoptimalkan upaya untuk memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan,” tambah Guru Besar UIN KHAS Jember tersebut.

Menyusul pemberian legalitas ini, Lembaga Wakaf YPI Darul Hikam berkomitmen untuk menjadi lebih progresif dalam menghimpun dana wakaf dan sedekah dari masyarakat. Prof Haris menyebut, lembaga wakaf tersebut akan mengembangkan program-program inovatif yang membedakan YPI Darul Hikam dari lembaga wakaf lainnya.

“Ke depan, YPI Darul Hikam akan semakin progresif dalam menghimpun dana masyarakat melalui wakaf dan sedekah untuk kemakmuran umat. Kami akan menghadirkan program-program inovatif yang membedakan kami dari lembaga wakaf lainnya,” pungkas Prof. Haris yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian, dan Pelatihan MUI Jawa Timur.

Salah satu Nazhir Wakaf Lembaga Wakaf YPI Darul Hikam, Ustadz M. Irwan Zamroni Ali, S.H., M.H., CWC, turut menyampaikan rasa syukur atas perolehan sertifikat tersebut.
“Setelah proses yang memakan waktu kurang lebih satu tahun lamanya demi mendapatkan legalitas Nazhir Wakaf Uang dari Badan Wakaf Indonesia, akhirnya kemarin kami secara resmi mendapatkan Surat Tanda Bukti tersebut,” ungkap Ustadz Irwan yang juga salah satu Pengajar di Pondok Pesantren Darul Hikam Mangli Jember itu.

Selain itu, Ustadz Irwan menjelaskan, ada banyak proses yang telah dilalui, seperti ujian kompetensi bagi para Nazhir Wakaf di Jakarta, Presentasi Kelembagaan dan Rencana Kerja di hadapan BWI, serta memenuhi segara persyaratan yang ada.

“Setelah mendapatkan sertifikat wakaf kompeten pada Desember 2023, kami langsung diundang untuk presentasi rencana kerja lembaga kami secara online kepada Badan Wakaf Indonesia. Kemudian, kami melakukan revisi dan penyempurnaan sebelum akhirnya kemarin resmi mendapatkan Surat Tanda Bukti tersebut,” pungkasnya.


Reporter  : Akhmal Duta Bagaskara

Editor : Lum`atul Muniroh

Categories
Berita

Di Hadapan Wisudawan UNIRA Malang, Prof Haris Ingatkan Mabadi Khaira Ummah untuk Indonesia Emas 2045

Malang, Media Center Darul Hikam.

Di usianya yang ke-100 pada tahun 2045, Indonesia memiliki peluang menjadi lima besar sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Demikian disampaikan oleh Guru Besar UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Prof. Dr. H M. Noor Harisudin, S.Ag., S.H., M.Fil.I., CLA., CWC., dalam acara Wisuda Ke-7 Universitas Islam Raden Rahmat Malang Tahun Akademik 2023/2024 diselenggarakan di Ijen Suites Resort & Convention Malang, pada Sabtu (03/02/2024).

“Untuk mencapai proyeksi tersebut, semua pihak perlu bergandengan tangan mewujudkannya,” tegas Prof Haris di depan ratusan wisudawan UNIRA Malang. Hadir pada kesempatan itu, Kepala LLDIKTI, Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E.,M.M, Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M., Rektor UNIRA, K.H Imron Rosyadi Hamid, S.E., M.Si dan jajaran pimpinan UNIRA serta wali mahasiswa.

Menurut Prof Haris yang juga Pengurus Ikatan Sarjana NU Jawa Timur, ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum tahun 2045, meliputi tata kelola yang baik, keunggulan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang mumpuni, tata ruang wilayah yang teratur, sumber daya manusia yang berkualitas, efisiensi kemitraan, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang berkelanjutan, konektivitas daerah, dan kesiapan infrastruktur.

“Lantas pertanyaannya sekarang adalah, di mana letak para alumni UNIRA Malang? Akankah ia akan bersaing dengan para competitornya? Bagaimana agar para alumninya menjadi pemenang, the winner?,” ucapnya di hadapan ratusan wisudawan Universitas Islam Raden Rahmat Malang.

Dalam kesempatan itu, Prof Haris juga mengingatkan agar para wisudawan Universitas Islam Raden Rahmat Malang senantiasa memiliki kepribadian yang dikenal dengan Mabadi Khaira Ummah, yakni, Ash-shidqu, Al-amanah wal wafa bil ahdi, Al-adalah, At-taawun, dan Istiqamah.

“Dengan bersikap jujur, adil, tekun, kerja sama dan dapat diandalkan, bias meningkatkan kualitas para alumni Universitas Islam Raden Rahmat Malang,” tutur Prof Haris yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikam Mangli Jember.

Dalam konteks keunggulan alumni di perguruan tinggi, lanjut Prof Haris, mereka diukur dengan kriteria yang terukur (measurable), dapat dilaksanakan (aplicable), dan dapat dicapai (acheivable).

“Hal ini mencakup pencapaian prestasi yang dapat diukur secara objektif, keterampilan yang dapat diterapkan secara efektif, serta tujuan yang realistis dan dapat dicapai oleh alumni setelah lulus,” tambah Prof Haris yang juga Dewan Pakar Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP PTSI) Pusat.

Dirinya juga memberikan lima kunci sukses hidup ke pada para wisudawan, di antaranya integritas, kinerja, adaptasi, passion, dan spiritualitas.

“Dengan mengedepankan integritas, menjunjung tinggi kinerja, mampu beradaptasi dengan perubahan, memiliki passion yang tinggi dalam menjalani kehidupan, dan memperkuat dimensi spiritual, generasi emas diharapkan dapat menjadi pilar utama dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia”, jelas Prof. Haris Wakil Ketua PW Lembaga Dakwah NU Jawa Timur.

“Ada sebuah kalimat luar biasa dari Ibnu Athaillah al-Iskandari dalam kitab Hikam, kaifa takhruqu laka al awaidu wa anta lam tukhriq min nafsika al awaida, bagaimana mungkin anda luar biasa sementara yang kau lakukan biasa-biasa saja. Saya yakin, alumni UNIRA tambah keren, dan menjadi pemimpin hebat di masa yang akan datang,” tambah Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Periode 2019-2023 tersebut.

Reporter : Akhmal Duta Bagaskara
Editor: M. Irwan Zamroni Ali