Ajak Santri Maju Bersama, PP Darul Hikam Gelar Sharing Session Tips Kuliah Cepat

Media Center Darul Hikam – Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikam Mangli Jember sukses menggelar Sharing Session ‘Tips Kuliah Cepat’ secara daring via Zoom Meeting pada Sabtu, (22/01) pukul 20.00-selesai. 

Pada acara tersebut, turut hadir Pengasuh PP Darul Hikam Mangli Jember, Ibu Nyai Robiatul Adawiyah, S.H.I, M.H., serta narasumber Wildan Rofikil Anwar dan Siti Junita. Keduanya merupakan mahasantri PP Darul Hikam Mangli Jember yang berhasil menyelesaikan studi S-1 dalam waktu relatif singkat, yaitu 3,5 tahun.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikam, Ibu Nyai Robiatul Adawiyah, S.H.I, M.H., dalam sambutannya memaparkan, tujuan diadakannya acara ini yaitu untuk mengembalikan semangat para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir, juga memberikan gambaran kepada seluruh santri Darul Hikam agar memiliki pandangan tentang skripsi.

“Jadi niat dari sharing session ini adalah mengembalikan niat awal berangkat dari rumah menuju UIN KHAS Jember adalah niat kuliah yang ingin melaksanakan tugas mencari ilmu dan itu adalah kewajiban yang direstui orang tua. Jadi restu orang tualah yang mendampingi anak-anakku semua mencari ilmu. Cara menyenangkan orang tua yaitu kuliah dipercepat,” tutur Ibu Nyai Robiatul Adawiyah.

Pada kesempatan yang sama, Wildan Rofikil Anwar menyampaikan trik agar lulus kuliah dengan cepat. 

“Intinya kalau ingin cepat mengerjakan skripsinya adalah jangan pernah takut gagal. Setelah judul ACC langsung pasang target pengerjaan proposal. jika nantinya ada revisi maka segara di revisi, jangan ditunda-tunda. Juga rutinlah mengadakan bimbingan dengan dosen pembimbing. Prinsip saya saat mengerjakan skripsi adalah perbanyak belajar, sedikitkan tidur, dan manfaatkan waktu luang dengan baik,” ujar Wildan yang saat ini menjadi mahasiswa S2 Fakultas Hukum Univeristas Jember tersebut. 

Lebih lanjut dirinya berpesan, agar semangat dalam menyelesaikan tugas akhir kuliah.

“Jangan malas untuk belajar, karena ilmu adalah harta yang bisa kita bawa ke mana pun tanpa membebani kita. Anak muda yang malas belajar tidak pantas untuk masa depan yang baik. Karena sukses hanya bisa diraih melalui gigih belajar, kerja keras dan doa yang ikhlas. Bukan hanya dengan lamunan. Tapi ingat satu hal, orang tuamu menunggu suksesmu, bukan malasmu,” tambah pria asal Pamekasan Madura itu.

Di sisi lain, Siti Junita menyampaikan, pentingnya keistiqomahan dan kesabaran dalam menuntut ilmu juga menjadi tips agar skripsi cepat selesai.

“Bahwasannya ada pedoman dalam al-Quran berbunyi, Wasta’inu bis-shabri was-sholah. Kuncinya adalah sabar dan shalat. Sabar dalam mengatasi kemalasan kita, sabar dalam mengatasi segala bentuk hambatan-hambatan dalam mengerjakan tugas. Dan Allah hanya akan  mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu. Bagaimana cara menjadi orang yang beriman, yakni yakin bahwasannya Allah akan senantiasa menemani proses kita,” ungkap Junita yang juga salah satu santri di Ponpes Darul Hikam.

Selanjutnya, Siti Junita menambahkan bahwa tidak ada yang sulit dalam hidup ini jika kita selalu mengandalkan Allah dalam segala urusan. Juga pentingnya rida orang tua dan gurulah yang dapat mengantarkan dirinya pada gerbang kemudahan.

“Hidup itu tidak ada yang sulit jika kita memandang segala sesuatu dengan kacamata iman. Segala sesuatu yang kita lakukan akan menjadi lebih mudah saat kita percaya bahwa Allah akan selalu membantu kita. Jangan lupa selalu minta doa kepada orang tua dan guru,” pungkasnya.

Reporter : Erni Fitriani

Editor : M Irwan Zamroni Ali

Bagikan :

Facebook
WhatsApp
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Postingan Terkait

Segudang Keuntungan Kuliah Sambil Mondok

Menjalani aktivitas kuliah sekaligus sebagai santri di pondok pesantren? Apa untungnya? Jawabannya banyak. Mahasiswa tak hanya mendapatkan ilmu umum tetapi juga ilmu agama yang mumpuni.